Breaking News

Vladimir Putin: Butuh 2-3 bulan Untuk Kalahkan Virus Corona

Vladimir Putin: Butuh 2-3 bulan Untuk Kalahkan Virus Corona

MajalahBerita24.com — Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengharapkan Rusia akan bisa mengalahkan virus Corona dalam waktu 2-3 bulan, jika langkah-langkah tegas diberlakukan. Hal ini disampaikan Putin saat otoritas Rusia mulai menghentikan penerbangan internasional, memerintahkan penutupan seluruh restoran dan kafe.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Jumat (27/3/2020), otoritas Rusia melaporkan 182 kasus baru dalam sehari, yang merupakan angka tertinggi untuk tambahan kasus virus Corona dalam sehari di negara tersebut. Sejauh ini, total kasus virus Corona di Rusia mencapai 840 kasus, dengan tiga orang meninggal.

Otoritas Rusia memerintahkan penutupan sementara untuk seluruh restoran dan kafe selama 1 minggu, mulai dari Sabtu (28/3) besok. Langkah ini diambil demi membatasi penyebaran virus Corona atau COVID-19. Hanya toko bahan makanan dan apotek yang masih boleh buka.

Langkah tegas yang diatur dalam dekrit pemerintah yang dirilis Jumat (27/3) waktu setempat ini juga memerintahkan otoritas daerah untuk menghentikan sementara aktivitas di resort-resort setempat hingga Juni mendatang. Tidak hanya itu, seluruh warga Rusia juga disarankan untuk membatasi perjalanan.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi setempat, Putin mengumumkan langkah baru yang dimaksudkan untuk memperlambat penularan virus Corona. Putin mengumumkan 'non-working week' atau 'pekan tanpa kerja' bagi sebagian besar warga Rusia, yang dimulai Sabtu (28/3) besok hingga 5 April mendatang.

"Untuk mencegah ancaman penyebaran cepat penyakit ini," sebut Putin dalam pernyataannya, seiring semakin bertambahnya jumlah kasus virus Corona, khususnya di ibu kota Moskow.

Meskipun jumlah kasus di Rusia tergolong lebih sedikit dibandingkan kebanyakan negara Eropa lainnya, Wali Kota Moskow menuturkan kepada Putin bahwa skala persoalan yang sebenarnya di Moskow jauh melebihi penghitungan resmi.

Dalam pernyataannya, Putin mengimbau warga Rusia untuk tetap di rumah. Warga Rusia juga diminta untuk mematuhi seluruh saran profesional medis dan imbauan pemerintah.

Putin membahas langkah-langkah baru ini dalam pertemuan dengan para pengusaha di Rusia pada Kamis (26/3) waktu setempat. "Ini merupakan tindakan yang dipaksakan, tindakan ini sementara dan dipaksakan. Tapi tindakan ini akan diberlakukan lebih singkat, jika semakin efektif tindakan ini dan jujur saja, semakin tegas tindakan ini. Maka periode ini akan dikurangi," ucapnya.

Putin kemudian menanggapi salah satu pengusaha yang menyebut mungkin dibutuhkan 2-3 bulan untuk kondisi kembali ke normal. "Seorang kolega mengharapkan bahwa kita akan menghilangkan virus Corona dalam dua atau tiga bulan. Ini prediksi yang bagus," ujarnya, seperti dilansir Xinhua.

"Tapi kapan kita akhirnya keluar dari situasi ini, dan kita pasti akan keluar dari situasi ini ... Saya harap itu akan lebih cepat dari yang Anda katakan," imbuh Putin.

Rusia telah mulai menghentikan seluruh penerbangan internasional pada Jumat (27/3) ini, namun tidak memerintahkan karantina penuh. Di bawah penghentian penerbangan ini, hanya maskapai Rusia yang mendapatkan izin khusus pemerintah dan yang akan memulangkan warga Rusia di luar negeri saja, yang masih diperbolehkan terbang ke negara lain. (hr)


– Dikutip dari Reuters dan AFP

Tidak ada komentar