Breaking News

Wagub Kaltim: Kita Sodorkan 2 Wilayah Jadi Calon Ibu Kota RI

Wagub Kaltim: Kita Sodorkan 2 Wilayah Jadi Calon Ibu Kota RI

MajalahBerita24.com, Samarinda-- Pemprov Kalimantan Timur (Kaltim) telah menyodorkan 2 wilayah sebagai calon ibu kita negara Indonesia pengganti Jakarta. 2 wilayah itu berada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Dua lokasi yang dipersiapkan menjadi lokasi ibu kota negara berdekatan dengan Kota Balikpapan yang infrastrukturnya cukup lengkap dan ibu kota provinsi Samarinda. 2 wilayah itu tepatnya berada di Tahura Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kelurahan Sotek di Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Dibanding lokasi lainnya di Kalimantan, Kaltim mungkin memiliki potensi besar baik dari sisi geografis dan sumber daya yang dimiliki di samping kelengkapan infrastruktur yang telah tersedia," kata Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi di Samarinda, yang dikutip dari Antara, Rabu (31/7/2019).

Wakil Gubernur mengatakan bahwa penetapan lokasi ibu kota negara yang baru membutuhkan kehati-hatian dan harus dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek. Ia menambahkan Pemerintah Kalimantan Timur menunggu keputusan pemerintah pusat mengenai rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

"Kita tentunya tidak akan melakukan upaya-upaya lobi agar dipilih menjadi lokasi ibu kota negara, karena semuanya melalui perhitungan matang dan menjadi hak pemerintah pusat," jelas Hadi.

Dukungan Ibu Kota Negara dipindah ke Kaltim juga datang dari Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie. Dia mengatakan, jika jadi dipindah ke Kaltim,wilayahnya akan mendapat keuntungan karena bisa menjadi hinterland atau pemasok kebutuhan bagi ibu kota negara.

"Fungsinya sebagai pemasok dan pemenuhan kebutuhan bahan makanan pokok, energi, serta tempat produksi komoditi ekspor," kata Irianto Lambrie di lokasi terpisah. (adm/adm)


– Dikutip dari Antara













Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Tidak ada komentar