Breaking News

Tidak Hanya di Bulukumba, Inses di Mancanegara Juga Heboh dan Berujung Masuk Penjara

Tidak Hanya di Bulukumba, Inses di Mancanegara Juga Heboh dan Berujung Masuk Penjara

MajalahBerita24.com, Jakarta -- Belakangan kasus pernikahan sedarah warga Bulukumba membuat geger di masyarakat. Seorang warga Sulawesi Selatan bernama Ansar (32) nekat menikahi adik kandungnya sendiri, Fitriani (20) di Kalimantan. Pernikahan sedarah (inses) juga pernah terjadi di beberapa negara. Semua kasus pernikahan sedarah itu bikin heboh dan termasuk tindakan pidana.

Ansar dan Fitriani menikah secara diam-diam. Keduanya mengelabui keluarga dengan meminta izin hendak bekerja ke Malaysia.

"Tapi ternyata setelah di Kalimantan mereka melakukan nikah siri dan merupakan kegiatan yang memalukan. Proses Ini sejujurnya di luar jangkauan kita ya," kata Wakil Bupati Bulukumba, Tommy Satria, Rabu (3/7/2019).

Berdasarkan laporan pihaknya, keluarga mengaku tidak tahu sama sekali soal hubungan kakak-beradik ini. Bahkan istri Ansar, Herfina juga tidak menaruh curiga pada awalnya. Ketika terungkap, Herfina juga melaporkan Ansar ke polisi.

"Namanya sesama saudara ya tidak pernah curiga. Saat minta izin ke Malaysia untuk kerja itu dipersilakan saja," ujarnya.

Dia juga menyebut kejadian pernikahan sedarah yang yang dilakukan oleh warganya menjadi keprihatinan bersama. Oleh karenanya, dia berharap peran aktif orang tua untuk menjaga anak-anak mereka.

Lalu, bagaimana kasus pernikahan sedarah di negara lain? Berikut adalah empat kasus inses yang terjadi di luar negeri pada era kontemporer ini, dihimpun MajalahBerita24.com dari berbagai sumber, Kamis (4/7/2019).


Allen dan Patricia di AS 


Tidak Hanya di Bulukumba, Inses di Mancanegara Juga Heboh dan Berujung Masuk Penjara


Pada tahun 2005, publik Amerika Serikat (AS) dihebohkan dengan kasus pernikahan sedarah antara Allen dengan adik kandungnya sendiri, Patricia Muth. Seperti yang dilansir BBC, keduanya sebelumnya memang terpisah selama beberapa tahun.

Hingga akhirnya ketika Patricia berusia 18 tahun, dia bertemu dengan kakaknya dan jatuh cinta. Mereka pun hidup bersama dan menikah diam-diam.

Namun sayang, hubungan pernikahan sedarah mereka terungkap usai para tetangga curiga. Akibatnya, Allen dan Patricia mesti menghadapi sidang di Mahkamah Agung AS. Vonis pengadilan akhirnya membuat keduanya harus menjalani hukuman penjara.

Patrick dan Susan di Jerman 


Kasus serupa juga terjadi di Jerman pada tahun 2007. Dikutip dari BBC, seorang pria bernama Patrick Stuebing menikahi Susan Karolewski yang notabene adalah adiknya sendiri, setelah sebelumnya dipisahkan selama beberapa tahun. Mereka menjalani hidup bersama di sebuah flat kecil di Jerman Timur.

Mulanya, tetangga tak menaruh curiga terhadap hubungan mereka. Namun, pernikahan sedarah mereka pun terungkap. Pernikahan sedarah adalah pelanggaran pidana di Jerman. Patrick dan Susan harus menjalani hukuman penjara.
Baca juga: Sosiolog Unhas: Inses di Bulukumba Terjadi karena Kontrol Sosial Lemah

John dan Jenny Deaves di Australia


Tidak Hanya di Bulukumba, Inses di Mancanegara Juga Heboh dan Berujung Masuk Penjara


Bukan hanya antar saudara, pernikahan sedarah antar bapak dan putrinya juga pernah terjadi di Australia. Seperti dilansir Reuters, pada tahun 2008, seorang pria bernama John menikahi Jenny Deaves yang merupakan putri kandungnya sendiri. Dari pernikahan tersebut, mereka sempat dikaruniai dua anak. Namun anak pertama mereka meninggal karena kelainan jantung.

Namun pada 20 Maret 2008, John harus mendekam di penjara selama tiga tahun. Sedangkan Jenny tak ditahan. Usai bebas, John pun berjanji tak bakal melakukan hubungan seks lagi.

David Epstein dan Putri Kandungnya di AS


Pada tahun 2010 pernikahan sedarah antara bapak dan putrinya juga pernah terjadi di AS. Adalah profesor ilmu politik Columbia, David Epstin yang menikahi secara diam-diam, putri kadungnya sendiri. Sebagaimana yang dikutip nydailynews, hubungan mereka ini setidaknya sudah berlangsung hingga tiga tahun lebih.

Usai hubungan David dan putrinya terungkap, David harus rela berurusan dengan pengadilan. Dia dicopot dari jabatannya sebagai profesor dan harus menjalani hukuman empat tahun penjara. Kendati demikian, David tak pernah mau mengaku salah, dengan dalih hubungannya: jika pernikahan gay boleh, kenapa dia tidak boleh menikahi putrinya sendiri?


– Dikutip dari dari Berbagai Sumber








Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Tidak ada komentar