Breaking News

Benarkah Jatuh Cinta Bikin Rasa Makanan Lebih Manis?

Benarkah Jatuh Cinta Bikin Rasa Makanan Lebih Manis?

MajalahBerita24.com, Jakarta-- Sebuah penelitian mengungkap kalau orang cenderung menilai rasa makanan menjadi manis ketika sedang jatuh cinta. Termasuk saat minum air. Kok bisa?

Dikabarkan Scientific America (7/7) sekelompok peneliti melakukan riset tentang pengaruh perasaan seseorang pada rasa makanan yang disantap. Peneliti mengungkap kalau suasana hati dan emosi juga memberi pengaruh pada rasa makanan.

Dalam jurnal Emotion dijabarkan kalau orang yang jatuh cinta identik memiliki hati yang berbunga-bunga. Mereka yang jatuh cinta setiap harinya dipenuhi kalimat cinta.
Benarkah Jatuh Cinta Bikin Rasa Makanan Lebih Manis?
Foto: iStock


Sebaliknya, orang yang sedang patah hati atau merasa cemburu akan merasakan makanan yang cenderung lebih pahit. Penelitian ini melibatkan beberapa orang dari Universitas Nasional Singapura. Ada dua sampel yang diteliti yakni 'jatuh cinta bikin makanan jadi manis' dan 'cemburu membuat makanan jadi pahit'.

Dalam uji coba ini, peneliti meminta para peserta untuk menuliskan pengalaman cinta yang romantis, pengalaman soal cemburu dan kisah pengalaman yang netral. Setelah menulis pengalaman ini, para peserta diminta mencicip permen rasa manis asam dan cokelat pahit.

Peserta yang terdiri dari 197 orang ini kemudian memberikan peringkat untuk rasa manis, pahit dan asam. Peserta yang menulis pengalaman cinta ternyata mampu merasakan permen dengan tingkat manis yang lebih kuat.
Benarkah Jatuh Cinta Bikin Rasa Makanan Lebih Manis?
Foto: iStock



Namun peserta yang menulis tentang kisah cemburu ternyata tak merasakan makanan lebih pahit. Artinya perasaan cinta membuat makanan manis namun perasaan cemburu tak membuat makanan jadi pahit.

Tak hanya menggunakan permen dan cokelat, para peneliti juga menguji rasa air mineral. Meski rasa air cenderung tawar tapi peneliti meminta peserta untuk menilai tingkat rasa manis, pahit dan asam dari air ini.

Lagi-lagi, orang yang menulis kisah cinta sebelum melakukan uji coba ini mengatakan rasa air lebih manis. Dari sini, Kai Qin Chan, peneliti dari Radboud University Nijmegen di Belanda menyimpulkan rasa cinta membuat reseptor pada lidah menjadi lebih sensitif terhadap gula. (adm/adm)



– Dikutip dari Scientific America










Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

Tidak ada komentar