Breaking News

Batalkan Pembelian Boeing Max, Maskapai Saudi Alihkan ke Airbus

Batalkan Pembelian Boeing Max, Maskapai Saudi Alihkan ke Airbus

MajalahBerita24.com, Jakarta -- Maskapai penerbangan asal Arab Saudi, flyadeal, telah membatalkan pesanan pembelian pesawat Boeing 737 MAX yang sampai saat ini masih dilarang terbang. Kini, maskapai tersebut pun mengalihkan pembeliannya ke pesawat produksi pabrikan Eropa, Airbus, dibandingkan asal pabrikan Amerika Serikat (AS) itu.

"Kami bisa paham bahwa flyadeal tidak akan menyelesaikan komitmen pembelian 737 MAX saat ini, " ujar juru bicara Boeing seperti dilasir AFP.

Sebelumnya, maskapai itu memesan hingga 50 pesawat jenis MAXs tersebut sebelum dua kecelakaan pesawat tipe sama terjadi di Indonesia dan Afrika beberapa waktu lalu.

Dikonfirmasi secara terpisah, juru bicara flyadeal menyatakan pihaknya bakal mengabaikan pesanan 737-Max, demi memberi ruang pada pesawat buatan Airbus, A320. Bola88

"Flyadeal mengumumkan pertumbuhan yang signifikan pada pesawat ini, dengan sebuah pesanan sebanyak 30 A320 Nei, dan opsi untuk 20 A 320 Neo pesawat keluaraga," demikian pernyaaan flyadeal. Maskapai penerbangan murah yang disubsidi Kerajaan Arab Saudi in diketahui melayani perjalanan udara domestik di wilayah kerajaan tersebut.

Keputusan flyadeal itu menjadi 'hantaman' tersendiri bagi Boeing di mana produksinya, 737 MAX, dipertanyakan dalam keselamatan penerbangan.

737 MAX benar-benar dinyatakan tak boleh terbang di seluruh dunia setelah kecelakaan peswat Ethiopian AIr pada Maret lalu. Beberapa waktu sebelumnya, pesawat MAX yang dikelola LIon Air pun mengalami kecelakaan penerbangan yang hampir sama. (bis/bis)


– Dikutip dari CNN Indonesia












Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Tidak ada komentar