Breaking News

Dinobatkan, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Terima Mahkota Seberat 7.3 Kg


Dinobatkan, Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Terima Mahkota Seberat 7,3 Kg

Majalahberita24.com, Thailand Raja Thailand MahaVajiralongkorn telah menerima mahkota dalam hari pertama ritual penobatan, yang akan berlangsung selama tiga hari.
Raja Vajiralongkorn mewarisi takhta pada tahun 2016 ketika ayahnya yang telah lama memerintah, Bhumibol Adulyadej wafat.

Beberapa hari yang lalu dalam pengumuman yang mengejutkan, istana mengatakan sang raja telah menikahi kekasih dan permaisuri kerajaannya, yang sekarang menjadi Ratu Suthida.

Thailand dipimpin dengan sistem pemerintahan monarki konstitusional, namun keluarga kerajaan sangat dihormati oleh warga Thailand dan memiliki pengaruh yang besar.

Thailand juga memiliki undang-undang yang ketat, disebut lese majeste, yang melarang kritik terhadap kerajaan. Hukum telah melindungi keluarga kerajaan dari pandangan dan pengawasan publik.

Dalam upacara pada hari Sabtu (04/05), raja berusia 66 tahun itu menerima Mahkota Kemenangan, yang merupakan salah satu tanda kerajaan Thailand. Mahkota seberat 7,3kg itu ia kenakan di kepalanya.

Sang raja kemudian memberikan titah pertamanya, berjanji untuk memerintah dengan kebenaran, seperti yang dilakukan ayahnya pada penobatannya 69 tahun lalu.

Penobatan ini dilakukan di saat-saat ketidakpastian politik. Pemilihan umum diselenggarakan pada tanggal 24 Maret, yang pertama kalinya sejak tentara mengambil alih pemerintahan dalam kudeta pada tahun 2014, tetapi pemerintahan baru belum diumumkan.

Namun, banyak warga Thailand bersemangat untuk menjadi saksi sejarah, dan akan menyaksikan upacara penobatan pertama dalam hampir 70 tahun.

Sponsored Ad

Agen Judi Bola Terbaik Indonesia

Siapakah RajaVajiralongkorn?
Raja Vajiralongkorn, 66 tahun, adalah anak kedua, dan putra pertama, dari Ratu Sirikit dan Bhumibol Adulyadej.

Keluarga kerajaan Thailand, 1999: (kiri-kanan) mendiang Bhumibol Adulyadej, Raja Maha Vajiralongkorn, dan Ratu Sirikit
Ayah Raja Vajiralongkorn (kiri) adalah raja yang paling lama berkuasa di dunia.


Ia pernah sekolah di Inggris dan Australia dan dilatih di Royal Military College di Canberra. Ia kemudian menjadi seorang perwira di angkatan bersenjata Thailand dan mengantungi kualifikasi sebagai pilot pesawat sipil dan pesawat tempur.

Ia menjadi putra mahkota dan penerus resmi takhta kerajaan pada 1972.

Ratu Suthida, yang merupakan istri keempatnya, adalah wakil komandan unit keamanan pribadinya. Ia diangkat menjadi jenderal penuh di ketentaraan pada Desember 2016.

Apa saja kegiatan di upacara penobatan?
Ritual penobatan dimulai pada pukul 10:09, waktu yang baik, ketika Raja Vajiralongkorn mengenakan jubah putih untuk menjalani upacara pemurnian dan pengurapan menggunakan air suci yang telah dikumpulkan dari lebih dari 100 lokasi di seluruh negeri.

Sang raja juga akan menerima lima Tanda Kerajaan simbol kerajaan salah satunya ialah Mahkota Kemenangan.

Sebagian besar ritual utama Brahmana dan Budha dilangsungkan pada hari Sabtu, dan upacara penobatannya berlanjut sampai hari Senin.

Meskipun Raja Vajiralongkorn telah naik takhta sejak tahun 2016, dalam tradisi Thailand ia belum dapat dianggap sebagai wakil dewa di Bumi atau pelindung utama agama Buddha sampai ia ditahbiskan.


Bagaimana warga Thailand menyambut peristiwa ini?
Pada hari Minggu (05/05), Raja Vajiralongkorn akan ikut serta dalam prosesi di sekitar ibukota, Bangkok, memberikan rakyat kesempatan untuk merayakan pentahbisannya.

Diperkirakan akan ada kerumunan besar pada acara ini serta ketika ia tampil di depan khalayak di balkon Istana Raja pada hari Senin.

Berbeda dari ayahnya, Raja Vajiralongkorn menghabiskan sebagian besar waktunya di luar negeri dan tidak begitu dikenal publik.

Tapi potret besar dirinya sekarang dapat ditemukan di banyak gedung setelah kantor-kantor negara diwajibkan untuk memasangnya dalam pekan-pekan menjelang perayaan.

Para pegawai negeri juga diminta untuk mengenakan baju kuning warna yang dikaitkan dengan sang raja. Banyak warga Thailand biasa juga akan mengenakan baju kuning untuk menunjukkan kesetiaan mereka kepada raja. (adm/aa)

-- Dikutip dari Detik.com

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?



Tidak ada komentar