Breaking News

Aplikasi Smartphone Wajib Buang Agar Tak Lemot

Aplikasi Smartphone Wajib Buang Agar Tak Lemot



Majalahberita24.com,
Smartphone kita memiliki beragam aplikasi yang kesemuanya menunjam kemudahan kita dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tak bisa dimungkiri semakin banyak aplikasi, makin cepat juga baterai terkuras, bikin penuh memori internal, dan mungkin berbahaya bagi keamanan iPhone atau Android Anda.

Nah oleh karena itu, ini adalah 5 aplikasi yang patut dibuang sebagaimana dilansir dari Liputab6.com yang mengutip Android Pit.

1. Aplikasi Cuaca

Berdasarkan laporan beberapa ahli keamanan siber, sejumlah aplikasi cuaca di Play Store dan Appstore diketahui mengandung virus berbahaya.

Dari laporan terakhir, ada satu aplikasi cuaca yang mencuri informasi kartu kredit orang saat diunduh.

Diketahui, sebagian besar perangkat sudah dilengkapi dengan aplikasi cuaca bawaan yang lebih baik, ketimbang aplikasi yang menarik dan berpotensi mengancam keamanan pengguna.

2. Media Sosial

Aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram dan Twitter memakan banyak ruang di memori internal, dan sering menjadi penyebab utama baterai smartphone cepat habis.

Untuk mengatasi, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghapus Facebook, facebook Messenger, dan Twitter dari smartphone. Toh ketiganya dapat Anda akses via browser di PC/laptop.

3. Aplikasi Hemat RAM Abal-Abal

perlu Anda ketahui, aplikasi yang berjalan di background smartphone pastinya memakan kapasitas RAM dan baterai. Banyak yang menyarankan untuk menghemat kapasitas RAM, pengguna perlu memasang aplikasi yang bisa menghemat RAM. Aplikasi ini biasanya memiliki nama dengan kandungan "Memory Optimizer" atau "Game Booster".

Namun pada prinsipnya, aplikasi yang menghemat RAM ini justru menutup proses kerja aplikasi-aplikasi lain. Hal ini dianggap bisa memperparah masalah, sebab dengan proses penutupan secara paksa, berbagai aplikasi yang berjalan di background justru harus memulai kembali prosesnya.

Padahal, untuk membuka kembali aplikasi, dibutuhkan ruang di RAM dan juga baterai, Maka dari itu, aplikasi pihak ketiga yang mengklaim dirinya sebagai penghemat RAM sesungguhnya tidak diperlukan dan lebih baik dihapus dari Android.


4. Antivirus

Sebenarnya, smartphone Android dan iOS sudah memiliki sistem keamanan mereka sendiri. Misalnya untuk perlindungan dari kehilangan, Anda tinggal menggunakan Android Device Manager tanpa perlu aplikasi tambahan.

Sementara, kalau aplikasi mengandung malware, Google akan mengeceknya secara otomatis di PlayStore. Oleh karena itu, aplikasi antivirus sebenarnya hanya berguna jika Anda sering mengunduh aplikasi yang sumbernya bukan dari PlayStore (berbentuk file APK).

5. Aplikasi Pembersih Smartphone

Aplikasi pembersih smartphone seperti Clean Master dan lainnya banyak dipakai pengguna untuk meningkatkan kinerja Android mereka.

Memang benar, setelah Anda menghapus sebuah aplikasi, kadang masih menyisahkan data dalam cache. Namun Anda tak perlu mengunduh aplikasi pembersih smarthphone.

Cara membereskan data yang tertinggal itu cukup mudah, Anda hanya perlu membuka menu "Setting" kemudian pilih menu "Storage" dan pilih "Clear cache" dan OK untuk membersihkan data yang tak penting.

Selain itu, Anda juga bisa menghapus cache masing-masing aplikasi dengan cara masuk ke "Setting", lalu "Apps" dan kemudian "Downloaded" dan tap salah satu aplikasi, kemudian di halaman selanjutnya, Anda tinggal memilih "Clear Cache".

6. Bloatware

Tak bisa dimungkiri, banyak sekali aplikasi yang tak dibutuhkan dalam smartphone Android. permasalahannya, ini adalah aplikasi bawaan pabrik. Hal inilah yang disebut bloatware. Padahal, aplikasi tersebut sangat jarang digunakan.

Nah, aplikasi ini pada dasarnya tidak bisa diuninstall, Hanya bisa disable. Namun ada beberapa cara untuk membuangnya, karena disable tidak benar-benar membuangnya.

1. Sebelum dimulai, pastikan Anda sudah mengunduh dan instal aplikasi CCleaner dari Google PlayStore.
2. Buka aplikasi dan tap garis tiga di pojok kiri atas aplikasi untuk munculkan opsi menu, dan pilih App Manager.
3. Pilih tab System dan tap aplikasi bloatware yang ingin Anda hapus dari smartphone.
4. Klik tombol Uninstall untuk melanjutkan. Ingat, menghapus aplikasi bawaan kemungkinan bisa menyebabkan beberapa masalah terhadap sistem Android.
(adm/aa)




-- Dikutip dari Merdeka.com




Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?







Tidak ada komentar