Breaking News

Manfaat Cuddling Bagi Kesehatan dan Keharmonisan Hubungan


 Manfaat Cuddling Bagi Kesehatan dan Keharmonisan Hubungan

Majalahberita24.com, Bisa dibilang, cuddling bisa menjadi hal intim dalam sebuah hubungan. Cuddling adalah melakukan kontak fisik dengan pasangan, seperti berpelukan namun lebih intim, biasanya dilakukan di atas tempat tidur atau di sofa yang nyaman, sambil menonton film favorit atau hanya sekadar bercengkrama untuk membangun intimasi dengan pasangan.

Dengan cuddling Anda bisa merasakan kasih sayang, rasa nyaman dan rasa memiliki satu sama lain. Tetapi tak hanya itu saja, rupanya cuddling juga bermanfaat untuk kesehatan dan keharmonisan hubungan Anda. Berikut manfaat cuddling seperti dilansir dari Shape:

1. Cuddling menambah kekebalan tubuh 

Cuddling dapat melepaskan oksitosin, yang dikenal sebagai hormon perasa. Menurut Elizabeth Lombardo, psikolog sekaligus ahli terapi fisik dan penulis buku bestseller 'A Happy You: Your Ultimate Prescription for Happiness' , cuddling dapat meningkatkan kebahagiaan dan seksual. Dimulai dari cuddling Anda akan merasakan bahagia yang lebih banyak.

"Cuddling, bersentuhan dan berhubungan seks dapat melepaskan oksitosin pada otak. Hal itu akan membuat perasaan jadi sejahtera dan bahagia,” kata dr. Renee Horowitz, seorang obgin di Michigan, Amerika.

Berpelukan menghasilkan zat endorphin yang membuat seseorang merasa senang dan menambah kekebalan tubuh. Endorphin diproduksi tubuh saat kita merasa bahagia seperti tertawa dan mendapat istirahat yang cukup.

Sponsored Ad

Agen Judi Bola Terbaik Indonesia

 Manfaat Cuddling Bagi Kesehatan dan Keharmonisan Hubungan

2. Membuat Anda semakin seksi 

Manfaat nyata dari cuddling Anda menjadi semakin dekat dengan pasangan secara fisik. Cuddling dapat menimbulkan rasa senang dan seksi yang berujung pada hubungan seksual penuh cinta.

“Akan melepaskan zat dopamin yang merupakan hormon perangsang yang meningkatkan hasrat seksual,” kata dr Renee.

3. Mengurangi stres dan menurunkan tekanan darah 

Pelatih manajemen stres dan terapis holistik, Catherine A. Connors mengingatkan, kontak fisik dengan orang lain dapat membantu mengurangi stres.

“Cuddling, mencium, atau banyak bersentuhan fisik akan meningkatkan kadar oksitosin yang merupakan hormon ikatan atau bonding. Dapat membantu Anda mengurangi tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, sekaligus dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan,” jelas dr. Catherine dikutip Shape


 Manfaat Cuddling Bagi Kesehatan dan Keharmonisan Hubungan

4. Meningkatkan komunikasi

Menurut dr. Fran Walfish, dokter selebriti dan penulis, cuddling itu menyehatkan karena faktor keterikatan emosional yang jelas. Karena sehatnya manfaat cuddling, Anda tidak perlu melakukannya secara berlebihan. Carilah zona nyaman Anda dan pasangan.

Anda bisa mengkomunikasikan posisi dan kedekatan dalam cuddling yang nyaman. Terlalu erat saat cuddling juga kurang baik.

“Terlalu sedikit atau terlalu banyak tidak baik. Anda bisa komunikasikan dengan pasangan seberapa dekat dan enak dalam cuddling. Tujuannya untuk menemukan keseimbangan antara zona nyaman dan kebutuhan bersama dengan pasangan Anda,” tutur Walfish.

5. Membantu komunikasi jadi lebih baik 

David Klow, terapis pernikahan dan keluarga, di Chicago, Amerika Serikat, mengingatkan manfaat besar pada sentuhan fisik seperti cuddling. Sebab banyak pasangan yang mengeluh tentang kualitas komunikasi mereka.

Bagi David, komunikasi adalah hal penting untuk menyampaikan pengertian dan empati. Sebenarnya, komunikasi non-verbal bisa menjadi cara yang sangat kuat untuk mengatakan ‘saya mengerti’ pada pasangan Anda.

David menjelaskan. “Cuddling adalah cara untuk mengatakan 'aku tahu bagaimana perasaanmu'.  Hal ini memungkinkan kita untuk merasa dipahami oleh pasangan dengan cara tidak diungkapkan kata-kata," demikian tutur David. (adm/aa)

-- Dikutip dari kumparan.com

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?





Tidak ada komentar