Breaking News

Hari Ini Sumenep 6 Kali Diguncang Gempa


Hari Ini Sumenep 6 Kali Diguncang Gempa
Majalahberita24.com, Jakarta Gempa tektonik dengan magnitudo 4,9 terjadi di Sumenep di Jawa Timur. Gempa terjadi sekira pukul 08.22 WIB, Selasa (2/4).

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di laut pada kedalaman lima kilometer di koordinat 7,22 LS dan 114,56 BT, 83 kilometer arah tenggara Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep.

Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal yang diperkirakan akibat aktivitas sesar aktif.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan sesar naik," kata Triyono dalam keterangan tertulis.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Pulau Sapudi dengan intensitas III-IV MMI, Situbondo dengan intensitas II-III MMI, serta Banyuwangi, Denpasar dan Singaraja dengan intensitas II MMI.

Sebanyak lima kali gempa susulan terjadi di Sumenep dengan rentan waktu 3 jam dari kejadian pertama.

Sponsored Ad

Agen Judi Bola Terbaik Indonesia

"Menurut rilis terbaru BMKG yang kami terima, gempa pertama pada pukul 06:05:27 WIB, sedangkan yang terjadi pada pukul 08:27:42 WIB merupakan gempa susulan," kata Humas Forum Koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madura di Pamekasan Budi Cahyono.

Dia menjelaskan, magnitudo gempa antara yang pertama dengan lima kali gempa susulan berbeda. Gempa awal terjadi dua kali, yakni 4.5 SR pada pukul 06:05:27 WIB, dan 5.0 SR pada pukul 08:22:44 WIB.

Pusat gempa pada dua gempa awal itu berbeda, yakni berlokasi di 7.20 LS, dan 114.59 BT, 83 kilometer arah tenggara Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep pada kedalaman 81 kilometer.

Sedangkan yang terjadi pada pukul 08:22:44 WIB, episentrum gempa terletak pada koordinat 7,22 LS dan 114,56 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 kilometer arah tenggara Kota Sumenep, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur pada kedalaman 5 kilometer.

"Pada gempa susulan magnitudo gempa cenderung berkurang, dan pada susulan kelima yang terjadi pada pukul 09:04:17 WIB tadi hanya 2.8 SR," kata Budi, menjelaskan rilis yang diterima Forum Koordinasi BPBD Se-Madura dari pihak BMKG.  (adm/aa?

-- Dikutip dari merdeka.com

Bagaimana reaksi Anda tenteng artikel ini?


Tidak ada komentar