Breaking News

Bercinta, Rahasia untuk Bisa Tidur Lebih Nyenyak


Bercinta, Rahasia untuk Bisa Tidur Lebih Nyenyak

Majalahberita24.com, Tahukah Anda jika berhubungan seks dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak? Ya, seorang ahli mengatakan bahwa senyawa-senyawa kimia yang dikeluarkan oleh tubuh saat berhubungan seks tidak hanya akan membuat seseorang merasa bahagia, penuh cinta, dan rileks, tetapi juga dapat membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak.

Melansir Healthline, menurut para ahli, sementara ini memang belum ada studi yang secara spesifik untuk mengatakan bahwa seks akan membuat Anda mengantuk. Namun hormon oksitosin atau yang lebih dikenal dengan hormon cinta yang dilepaskan oleh tubuh inilah yang dapat membantu seseorang untuk bisa tidur lebih nyenyak.


Dr. Amer Khan, ahli saraf dari Sutter Health, yang juga merupakan seorang sleep specialist, dan pendiri Sehatu Sleep di California Utara, menjelaskan bahwa pelepasan hormon oksitosin yang terjadi bersamaan dengan perasaan kasih sayang dan sentuhan yang terjadi saat berhubungan seks dapat membantu mengurangi stres dan membuat Anda merasa lebih bahagia dan rileks.

Bercinta, Rahasia untuk Bisa Tidur Lebih Nyenyak

“Hormon lain seperti dopamin, prolaktin, dan progesteron telah dinyatakan dapat mempengaruhi pikiran dengan membuat seseorang merasa lega, rileks, dan mengantuk setelah melakukan hubungan seks yang memuaskan,” ungkap Dr. Kahn kepada Healthline.


Tetapi ia juga menegaskan bahwa setiap orang memiliki kondisi yang berbeda. Menurutnya, bahan-bahan kimia ini akan bekerja saat Anda tidur. Bisa jadi, senyawa ini akan membuat Anda tidur lebih nyenyak atau malah membuat Anda semakin terjaga. Semua tergantung pada kondisi tubuh masing-masing orang.

“Setelah melewati semua pertimbangan, tampaknya masuk akal untuk mengatakan bahwa berinteraksi fisik atau mental sebelum tidur dapat memperbaiki suasana hati, membuat Anda merasa tenang, meredakan stres, dan mengistirahatkan pikiran,” lanjutnya. Dr. Kahn menambahkan jika foreplay yang menghasilkan orgasme memuaskan juga dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak.

Jadi, apabila belakangan ini Anda sering kesulitan untuk tidur nyenyak, coba ajak pasangan Anda untuk berhubungan seks untuk mengatasinya. (adm/aa)

-- Dikutip dari Kumparan.com

Bagaimana reaksi Anda tentang artiikel ini?



Tidak ada komentar