Header Ads

Barang Bawaan Jastip Lebih Dari RP 7 juta, Ini sanksinya


Barang Bawaan Jastip Lebih Dari Rp 7 juta, Ini Sanksinya

Majalahberita24.com, Jakarta nasDirektorat Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan akan menindak tegas bagi pelaku jasa titip atau Jastip yang kedapatan membawa kouta barang bawaan senilai USD 500 atau setara dengan
Rp 7 juta (kurs Rp 14.000). Selain, diwajibkan membayar pajak pihaknya juga akan menyita barang bawaannya tersebut.

"Bisa juga barang jadi milik negara, disita," kata Kepala Subdit Impor Direktorat Teknis Kepabean Djanurindo Wibowo, saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Jumat (26/4).


Dia mencontohkan, seperti halnya yang terjadi pada pelaku Jastip beberapa waktu lalu. Di mana sempat ditemui kedapatan menyembunyikan puluhan handphone (HP) dari luar negeri di badannya. Sebagai tindakan, akhirnya pihaknya menyita seluruh HP tersebut.

Sponsored Ad

Agen Judi Bola Terbaik Indonesia

Djanurindro mengatakan, sanksi lain yang akan diberikan kepada para Jastip yang terindikasi melakukan penyeludupan barang akan dikenakan tindakan secara hukum, Sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang kepabeanan maka sanksinya adalah kurungan badan.

"Pelaku Jastip yang seperti itu mesti ditegakkan, UU Nomor 17 Tahun 2006 pasal 102 103 itu dijelaskan sengaja menyembunyikan barang bisa dipidanakan," tegasnya.

Ditjen Bea Cukai pada dasarnya mendukung tidak masalah (jastip) asal jangan tax avoidance, tidak menghindarii pajak dan bertanggung jawab. (adm/aa)

-- Dikutip dari Merdeka.com

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.