Breaking News

Debat Jokowi vs Prabowo Jangan Cuma Gimik, Harus Ada Program Konkret

Debat Jokowi vs Prabowo Jangan Cuma Gimik, Harus Ada Program Konkret

Majalahberita24.com, Jakarta Debat keempat Pilpres 2019 akan digelar pada Sabtu (30/3). Dalam debat yang mempertemukan capres untuk ketiga kalinya ini, diharapkan tak ada lagi yang malu-malu dalam mengungkapkan program kerja yang lebih substansial.

“Debat ke-4 nantinya enggak boleh jaim-jaim lagi, harus total football,” kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia (PPI), Adi Prayitno, dalam diskusi 'Mendorong Perdebatan Kaya Gagasan' di resto Tjikini Lima, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).


Debat Jokowi vs Prabowo Jangan Cuma Gimik, Harus Ada Program Konkret

Sponsored Ad

Agen Judi Bola Terbaik Indonesia

Adi menilai, selama debat berlangsung, Jokowi dan Prabowo tak banyak mengungkap substansi dari tema debat. Sehingga, yang terjadi hanya menampilkan gimmick politik.

“Debat kandidat itu sering kali hanya sekadar memenuhi panggung debat. Kalau melihat track-nya, debat pertama kedua dan ketiga, itu bukan soal substansi. Tapi soal gimik-gimik politik apa yang disampaikan,” tutur dia.

“Misalnya soal Prabowo yang ingin terlihat tampil manis, Jokowi yang agresif, total football dan seterusnya. Sementara hal-hal yang sifatnya substansial, itu agak sepi dibicarakan pas debat.

Debat Jokowi vs Prabowo Jangan Cuma Gimik, Harus Ada Program Konkret


Karena itu, dalam debat keempat Pilpres ini, Jokowi dan Prabowo diharapkan lebih banyak membahas substansi tema debat. Dengan begitu, masyarakat dapat menghitung mengerti apa saja program yang ditawarkan calon pemimpin.

“Pak Jokowi dan Pak Prabowo, harus menarasikan sesuatu hal, apa yang mereka lakukan lima tahun ke depan, tentang ideologi, tentang pemerintahan, tentang hubungan luar negeri, dan semacamnya, itu penting. Jadi bicaranya bukan hanya soal kebutuhan politik elektoral, tapi hal-hal sifatnya mendasar, yang terkait kebutuhan Indonesia ke depan itu perlu disampaikan,” katanya.

Debat keempat Pilpres 2019 akan berlangsung pada Sabtu (30/3) , di Hotel Shangri-La, Jakarta. Tema debat keempat ini, yakni ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

-- Dikutip dari Kumparan.com

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?





Tidak ada komentar