Breaking News

Media Turki Rilis Identitas 15 Tersangka Terkait Jurnalis Saudi Yang Dibunuh Konsulat Saudi di Istanbul

Media Turki Rilis Identitas 15 Tersangka Terkait Jurnalis Saudi Yang Dibunuh Konsulat Saudi di Istanbul

MajalahBerita24.com, Istanbul -- Surat kabar Turki yang propemerintah, Sabah, membeberkan identitas 15 warga Arab Saudi yang dicurigai terlibat dalam kasus hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi. Belasan warga Saudi itu disebut sebagai 'tim intelijen' yang tiba di Turki sesaat sebelum Khashoggi menghilang.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (10/10/2018), surat kabar berbahasa Turki, Sabah, melaporkan bahwa 15 warga Saudi itu tiba di Bandara Ataturk, Istanbul pada 2 Oktober lalu. Sebanyak 12 orang di antaranya tiba pada dini hari, didasarkan pada foto-foto mereka saat berada di pos pemeriksaan paspor.

Menurut surat kabar Sabah, belasan warga Saudi itu tiba di Istanbul dengan menumpang penerbangan jet sewaan milik Sky Prime Aviation, yang merupakan maskapai untuk pesawat sewaan yang berkantor di Riyadh, Saudi.

Khashoggi (59) menghilang sejak masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu, untuk mengurus dokumen resmi bagi pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz. Sang tunangan menemani Khashoggi namun tidak diizinkan masuk bersamanya. Cengiz pun menunggu di luar Konsulat Saudi namun Khashoggi tidak pernah keluar.

Dalam laporan terbaru, Sabah merilis secara lengkap nama dan tahun kelahiran 15 warga Saudi yang dicurigai terlibat insiden hilangnya Khashoggi. Beberapa foto warga Saudi itu juga dirilis. Tidak disebut lebih lanjut oleh Sabah soal bagaimana data dan foto-foto itu didapatkan.

Namun informasi Sabah itu sesuai dengan informasi yang disampaikan sumber keamanan Turki kepada Reuters sebelumnya, bahwa ada sekitar 15 warga Saudi, termasuk sejumlah pejabat, yang tiba di Istanbul dan masuk ke Konsulat Saudi pada hari yang sama saat Khashoggi menghilang. Belasan warga Saudi yang mencurigakan itu diketahui meninggalkan Turki usai Khashoggi dilaporkan hilang.

Sejumlah sumber pejabat Turki menyatakan keyakinannya bahwa Khashoggi, yang kerap mengkritik kebijakan Saudi, dibunuh di dalam gedung Konsulat Saudi. Tuduhan itu telah dibantah oleh otoritas Saudi, yang menyebutnya sebagai 'tuduhan tak berdasar'

Menurut Sabah, 15 warga Saudi itu menginap di dua hotel yang terletak di kawasan yang sama dengan lokasi Konsulat Saudi di Istanbul. Dengan enam orang di antaranya menginap di Wyndham Grand Hotel dan sembilan orang lainnya menginap di Movenpick Hotel.

Tidak hanya itu, salah satu dari 15 warga Saudi yang teridentifikasi nama dan fotonya itu, diketahui berprofesi sebagai seorang pakar forensik dan merupakan anggota Saudi Society of Forensic Medicine.

Sebanyak 15 warga Saudi yang identitasnya dibeberkan Sabah itu disebut meninggalkan Turki dengan empat jadwal penerbangan berbeda. Mereka terbang keluar dari Turki juga dengan penerbangan Sky Prime Aviation. Belum ada tanggapan dari otoritas Saudi terkait laporan surat kabar Sabah ini.


– Dikutip dari Reuters

Tidak ada komentar