Breaking News

Wow! Inilah 8 Fakta Tentang Mumi Mesir Kuno

Berita Akurat

MajalahBerita24.com,  Mesir   --  Bila kita mendengar kata “Mesir Kuno”, mungkin kita akan langsung berpikir yang berhubungan tentang  raja firaun, piramida dan patung sphinx. Namun, ada satu hal yang terkenal dan menjadi ciri khas dari Mesir Kuno, yaitu Mumi.

Mumi yang sering kita lihat dari film-film diceritakan menjadi sosok yang sangat menakutkan dan dapat membunuh manusia, tapi pada kenyataanya hal tersebut tidaklah benar adanya. Berikut ini adalah 8 Fakta Tentang Mumi Mesir Kuno, antara lain :

1. Biaya Mumifikasi




Menurut tulisan dari seorang pelancong asal Yunani, biaya mumifikasi termahal yaitu 1 talenta perak. Ini terjadi pada masa Ptolemaik disejarah mesir kuno. Namun dapat berubah jika terjadi konflik di kerajaan, karena konflik bisa mengakibatkan terjadinya inflasi.

2. Mumi Sebagai Obat




Mumi bisa digunakan sebagai obat di 400 masehi hingga abad ke 19. Konsep ini dipercaya oleh orang Eropa tentang mumi di Mesir. Di abad pertengahan, orang-orang kaya di Eropa membeli mumi untuk dijadikan obat. Jasadnya digiling jadi bubuk dan dikonsumsi.

3. Mumi Hewan




Masyarakat Mesir Kuno sangat mengagungkan hewa. Mereka juga memumikannya. Mumi-mumi hewan ini biasanya merupakan persembahan religius karena bagi mereka para hewan tersebut memiliki hubungan erat dan melambangkan dewa dewi yang mereka sembah.

4. Kehidupan Akhirat




Mumifikasi adalah salah satu aspek paling penting dari praktek keagamaan Mesir Kuno. Bangsa Mesir Kuno percaya bahwa jika seseorang yang telah meninggal dimumikan dengan benar maka akan mempermudah perjalannya ke akhirat yang dibimbing dewa Anubis.


5. Hiasan Pada Mumi




Selama proses mumifikasi, tubuh mumi akan diwarnai. Pria diwarnai merah dan wanita diberi warna kuning. Hal ini dimulai pada periode menengah ketiga, mata mumi dibuat dengan kaca atau batu bata dan rambut pals yang dari benang atau bahan lainnya.

6. Mumi Alami




Awalnya mumi tercipta karena lingkungan Mesir yang penuh dengan padan pasir. orang mati yang dikubur di pasir, tubuhnya akan lebih awet karena lingkungan yang kering. Hal ini juga yang kemudian mendorong mumifikasi buatan yang dilakukan manusia.

7. Opsi Yang Lebih Murah




Masyarakat kelas bawah di Mesir Kuno melakukan mumifikasi yang tidak lengkap. Mereka bahkan tidak menggunakan peti mati atau sarkofagus. Masyarakat yang sangat miskin hanya dikuburkan dengan sebuah kain di padang pasti untuk mengeringkan tubuhnya.

8. Kutukan




Kisah kuburan mumi yang terkutuk sebenarnya tidak benar-benar ada. Alasan kenapa ada kisah mumi yang terkutuk ialah untuk menghindari para maling. Kisah kuburan mumi terkutuk dibuat untuk menakut-nakuti maling yang ingin mencuri barang yang dikuburan.

Tidak ada komentar