Breaking News

Ini 10 Persiapan Sebelum Pesawat Lepas Landas, Apa saja itu?

Ini 10 Persiapan Sebelum Pesawat Lepas Landas, Apa saja itu?

MajalahBerita24.com, Jakarta -- Sebelum naik pesawat, penumpang menunggu di boarding room. Di saat bersamaan, pihak maskapai  sedang  menyiapkan 10 hal yang rumit di pesawat.

Apa saja itu?

Melansir CNN Travel, Kamis (30/8/2018), pesawat yang akan traveler tumpangi bisa saja baru saja tiba dari tempat lain. Maka dari itu, para pekerja sedang mempersiapkan pesawat dengan cepat agar bisa melayani kembali.

Berikut ini 10 persiapan dari pesawat terbang sebelum take off atau lepas landas:


1. Memarkirkan pesawat

Begitu pesawat mendarat, pilot akan menerima instruksi dari menara pengontrol untuk parkir. Bandara yang besar memiliki tata letak taxiway yang rumit.

Mendekati terminal, pilot mencari gerbang yang ditentukan oleh penerbangan dan mengawasi kode dari petugas yang melambai-lambaikan tongkat oranye terang atau dari lampu runway. Ketika pesawat melambat hingga berhenti, roda di bagian depan harus sesuai target cat di tempat parkir agar sesuai dengan penumpang berikutnya.

2. Mengaitkan pesawat

Mesin pesawat menyediakan daya dorong dan tenaga listrik saat terbang. Semua pesawat penumpang memiliki mesin jet kecil yang menghasilkan listrik ketika pesawat diparkir, sebuah Unit Daya Pembantu, atau APU.

APU yang menyuplai listrik ke sistem pesawat tetapi pengoperasiannya menggunakan bahan bakar yang besar. Banyak bandara menyediakan sistem listrik bawah tanah atau generator portabel dan setelah tersambung ke pesawat, maka sumber daya dialihkan dan mesin dimatikan.

Ini 10 Persiapan Sebelum Pesawat Lepas Landas, Apa saja itu?
Pesawat diparkirkan di lokasi yang sesuai


3. Menjaga suhu di pesawat

APU juga memberi daya pada sistem yang menjaga suhu di kabin tetap terjaga saat parkir. Beberapa bandara menyediakan AC portabel yang bisa salurkan melalui pipa berdiameter besar yang dipasang ke port di perut pesawat.

4. Menurunkan penumpang

Para penumpang yang telah melakukan penerbangan biasanya sangat bersemangat saat turun pesawat. Namun, jika tidak ada garbarata, penumpang harus menunggu pemasangan tangga turun dari pesawat.

5. Mengeluarkan isi kargo

Di sisi kanan pesawat, tim ramp telah beraksi setelah pesawat berhenti. Rampie (karyawan maskapai yang memuat dan membongkar pesawat) akan mengeluarkan koper ke dalam keranjang bagasi.

Perjalanan selanjutnya menuju ke ruang bagasi, dan barang bawaan dijatuhkan ke konveyor. Proses ini dlakukan secepat mungkin agar koper traveler segera muncul setelah penumpang tiba.

Ini 10 Persiapan Sebelum Pesawat Lepas Landas, Apa saja itu?
Pengaitan pesawat ke listrik di bandara


6. Mengosongkan persediaan makanan

Truk katering bergabung dengan kerumunan di luar saat pesawat berhenti. Menggunakan forklift, stok makanan diganti dengan yang baru dan sesuai penerbangannya.

7. Membersihkan toilet

Ini mungkin pekerjaan ramp yang paling tak diinginkan, karena harus mengosongkan tangki penampungan pesawat. Saat ini pula diisi ulang air dalam pesawat namun pekerjaan ini tidak terjadi di setiap pemberhentian.

8. Pengisian bahan bakar

Seperti mobil, tangki bahan bakar pesawat tidak selalu diisi di setiap pemberhentian. Tim maskapai mengetahui berapa banyak bahan bakar yang diperlukan untuk setiap rute harian pesawat dan kapan untuk mengisi bahan bakar.

9. Pushback (berjalan mundur)

Pushback adalah ketika sebuah pesawat didorong mundur dari gerbang bandara oleh kendaraan yang disebut tugs atau traktor. Saat waktu keberangkatan tiba, pesawat akan diparkir tepat di garbarata atau lokasi lain dan proses ini dikendalikan sopir traktor. Hal ini untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi kebisingan di bandara.

10. Boarding dan lepas landas

Saat kru telah menyelesaikan semua persiapan pra-penerbangan, pintu kabin ditutup, dan traveler akan duduk di kursi sesuai pesanan. Proses take off dimulai dengan dorongan lembut dipandu para petugas.

– Dikutip dari CNN Indonesia

Tidak ada komentar