Breaking News

Fotografer Ini Menggunakan Drone untuk Menangkap Ketimpangan Sosial di Seluruh Dunia

Fotografer Ini Menggunakan Drone untuk Menangkap Keimpangan Sosial di Seluruh Dunia

MajalahBerita24.com,  Jakarta  -- Kesenjangan sosial antara kaum kaya dan miskin ternyata nggak cuma terjadi di Indonesia. Di berbagai belahan dunia di seluruh dunia pun, status sosial ini terlihat dari penampakan topografi kota-kota besar. Selalu aja ada dua wajah, yaitu kawasan kumuh dan kawasan mewah.

Keren sih ngeliatin ada deretan gedung-gedung mewah di sebuah lokasi, bukti kalo roda perekonomian juga berputar. Tapi miris juga kalo ngeliat ada kesenjangan sosial yang berjejer. Fotografer asal Amerika Johnny Miller tertarik untuk memotret kesenjangan sosial ini.

Lewat kumpulan foto yang bernama "Unequal Scenes",  ia menunjukkan gimana hasil fotonya yang cukup dramatis lewat kamera drone.

1
Daerah kumuh Dharavi di Mumbai tepat di sebelah gedung pencakar langit.
Daerah kumuh Dharavi di Mumbai tepat di sebelah gedung pencakar langit.
Ketika kamu bisa terbang tinggi di atas, ada hal lain yang bisa kamu lirik, yaitu sebuah perspektif baru. Dari atas, kamu udah bisa ngeliat sebuah kesenjangan sosial yang selama ini nggak pernah kita lihat ketika kita berada di bawah.
2
Perkampungan Dharavi di Mumbai yang berdekatan dengan Mahim Nature Park.
Perkampungan Dharavi di Mumbai yang berdekatan dengan Mahim Nature Park.
Johnny Miller punya ketertarikan khusus terhadap kesenjangan sosial, karena itu dia berusaha menampilkannya lewat foto-foto drone se-obyektif mungkin.







3
Daerah di sekitar kompleks Bandra Kurla adalah gabungan dari kekayaan dan kemiskinan yang sangat terlihat jelas dari atas.
Daerah di sekitar kompleks Bandra Kurla adalah gabungan dari kekayaan dan kemiskinan yang sangat terlihat jelas dari atas.
Selain itu ada beberapa rumah konsulat jenderal, kantor pusat perusahaan ternama, dan juga termasuk kantor bursa efek nasional.
4
Kota Dar es Salaam, Tanzania.
Kota Dar es Salaam, Tanzania.
Keliatan banget, jumlah pemukiman kumuh yang nggak sebanding dengan jumlah pemukiman mewah.

5
Ini adalah pulau Zanzibar.
Ini adalah pulau Zanzibar.
Di ujung utara Pulau Zanzibar, ada Desa Nungwi, destinasi wisata dengan air yang jernih dan pantai dengan pasir putih. Tapi kalo kamu liat lebih seksama, tampak ada sedikit kelangkaan air dan kemiskinan di sisi lainnya.
6
Tampak perumahan mewah orang Kenya yang terjaga keamanannya di bagian atas.
Tampak perumahan mewah orang Kenya yang terjaga keamanannya di bagian atas.
Tapi dari atap-atap rumah yang ada di bawah, kamu bisa lihat kalo ada pemukiman yang sangat kumuh dengan atap seng yang udah berkarat. Pemandangan ini bisa kamu lihat di Loresho.
7
Jalanan yang akan dibangun ini akan membagi dua daerah menjadi dua.
Jalanan yang akan dibangun ini akan membagi dua daerah menjadi dua.
Kawasan mewah dan miskin pun akan makin terbagi, memisahkan ribuan orang di tanah dan kota yang sama.
8
Ketimpangan kekayaan yang cukup terlihat di lingkungan Santa Fe, Meksiko.
Ketimpangan kekayaan yang cukup terlihat di lingkungan Santa Fe, Meksiko.
Yang kaya terlihat putih bersih, yang miskin aja berdindingkan batu tanpa cat.
9
Sebuah perumahan mewah yang tertata rapi di Ixtapalapa, Meksiko, terletak di sebelah sebuah daerah pemumikamn warga yang hanya berpenghasilan rendah.
Sebuah perumahan mewah yang tertata rapi di Ixtapalapa, Meksiko, terletak di sebelah sebuah daerah pemumikamn warga yang hanya berpenghasilan rendah.
Dan berdindingkan beton. Keliatan banget kontrasnya.
10
Bisa kamu lihat di kawasan perumahan duduk di Santa Fe, ada kesenjangan yang cukup terlihat. 
Bisa kamu lihat di kawasan perumahan duduk di Santa Fe, ada kesenjangan yang cukup terlihat. 
Gedung pencakar langit seolah menjadi pemandangan kontras dengan daerah-daerah pemukiman yang terlihat biasa.
11
The Papwa Sewgolum Golf Course di Durban di sebelah komunitas gubuk kecil timah.
The Papwa Sewgolum Golf Course di Durban di sebelah komunitas gubuk kecil timah.


Johnny Miller berharap dari foto-fotonya ini, bisa timbul dialog untuk menyelesaikan masalah-masalah kesenjangan sosial yang terjadi secara damai.





Gimana dengan perkembangan negara kita? Apa pembangunan udah merata di seluruh kawasa? Apa kamu nggak merasa tertampar melihat pembangunan mal-mal yang makin marak di kota-kota besar, tapi di sisi lain ada rumah semi permanen yang nyaris roboh, bersusah payah melindungi penghuninya dari hujan dan terpaan angin? Rasanya percuma kalo Indonesia belom bisa lepas dari garis kemiskinan. Mari kita maju bersama sebagai sebuah bangsa yang maju dan besar.


– Dikutip dari WWW.AMUSINGPLANET.COM 

Tidak ada komentar