Breaking News

Bukan Tari Saman, Ternyata Ini Tari Ratoh Jaroe Di Asian Games 2018

Berita Akurat

MajalahBerita24.com,  Jakarta -- Rakyat Indonesia pasti merasa bangga dan senang karena Asian Games 2018 diselanggarakan di tanah air kita yang tercinta. Asian Games 2018 resmi dimulai pada Sabtu malam tanggal 18 Agustus 2018, Opening Ceremony Asian Games 2018 berlangsung meriah dan spektakuler di Gelora Bung Karno (GBK).

Seremoni tersebut berlangsung meriah sejak awal. Sebanyak 45 kontingen terlibat langsung memeriahkan Ceremony ini dengan penyalaan obor masif sebagai puncak acara.

Para penonton dibuat takjub dan berdecak kagum dengan suguhan tarian asal Aceh. Beberapa media dan ‘awam’ mengira tarian ini ialah Tari Saman yang tersohor, namun ternyata hal ini keliru.

Menurut berbagai sumber, Tari Saman memang benar berasal dari Aceh, tetapi aksi memukau di Opening Ceremony Asian Games 2018 kemarin tidak bisa disebut sebagai Tari Saman, lebih tepatnya adalah Tari Ratoh Jaroe.

Kedua tari ini memang benar berasal dari Aceh dan perbedaannya cukup jelas. Tari Saman identik dengan laki-laki, sebab Tari Saman menyajikan kombinasi tepukan tangan dan tepukan dada, hal yang dinilai tak etis untuk perempuan.

Selain itu, penari Saman berjumlah ganjil dan dipimpin oleh beberapa penari yang duduk di tengah. Saman adalah tarian yang murni diiringi oleh syair yang dilantunkan para penarinya.



Berbeda dengan Tari Saman, Sebaliknya, Tari Ratoh Jaroe pada umumnya dilakukan oleh perempuan dan berjumlah genap. Gerakan Tari Ratoh Jaroe tak banyak melibatkan tepukan dada.

Selain itu, Tari Ratoh Jaroe dipimpin oleh dua orang yang duduk di luar formasi penari. Sekiranya terdapat musik eksternal sebagai pengiringnya, mudah dikatakan itu adalah Tari Ratoh Jaroe.

Alhasil, selain perbedaan gender penarinya dan dibedakan dari jenis musik yang mengiringinya. Kedua tari legendaris asal Aceh, Indonesia ini tampak mengangumkan dan luar biasa ya guys?

Terlepas dari kesalahan kaprah tersebut, Opening Ceremony Asian Games 2018 kemarin memang berlangsung sangat meriah. Bangsa INDONESIA patut berbangga diri!

Oleh sebab itu, mari jadikan berita ini sebagai wawasan untuk mengenal budaya kita, dan sebagai pemicu untuk lebih mengenal keberagaman yang sudah menjadi identitas bangsa Indonesia.

Bhinneka Tunggal Ika is the official national motto of Indonesia, MERDEKA!

Tidak ada komentar