Breaking News

Ini Lho Kota Terdingin di Indonesia. Buset Dah, Suhunya Capai 9 Derajat Celcius!

Ini Lho Kota Terdingin di Indonesia. Buset Dah, Suhunya Capai 9 Derajat Celcius!

MajalahBerita24.com, Jakarta -- Saat panas menyengat, lari dari hiruk pikuk kota sambil ngadem emang enak. Kalau kamu pengen nikmatin  sejuknya cuaca dingin, kamu bisa berkunjung ke Puncak Jawa Barat atau bagi yang berada di Jawa Timur, bisa mampir ke kota Batu saat plesiran di Malang.

Ngebahas tentang kota terdingin nih, ternyata bukan dua kota tersebut yang dinobatkan sebagai kota terdingin di Indonesia. Kamu tahu dimana?

Kota Bandung memiliki suhu mencapai 16,4 derajat Celcius, tapi Kota Mulia lebih dingin dari itu.


Kota Mulia yang berada di Puncak Jaya Wijaya, Papua diberi gelar Kota Terdingin di Indonesia. Lokasinya yang berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut, membuat kota ini dijuluki sebagai kota terdingin di Indonesia. Nggak cuma itu, kota ini juga di kelilingi oleh lembah Pegunungan Jaya Wijaya. Kalau kota-kota pada umumnya, suhu siang hari berkisar anatara 23- 33 derajat celcius, di kota ini tulangmu bakal merasakan hawa dingin  hingga menusuk, karena suhunya berkisar 15 derajat Celcius. Siang aja sedingin itu, kalau malam gimana yah? Brrr, udah pasti dingin banget.




Malam hari, Kota Mulia memiliki suhu mencapai 9 derajat celcius. Buat kamu yang butuh membekukan hati, nggak ada salahnya berkunjung ke sini. Ups!

Nggak cuma suhunya yang siap bikin badan mengigil, hujan turun sepanjang tahun di Kota Mulia. Duh, nggak kebayang deh udah hujan plus hawa digin yang nusuk sampai ke tulang, Tapi buat kamu yang pengen berkunjung ke kota dingin ini, jangan takut. Kalian bisa merasakan kehangatan rumah adat Papua, Hanoi. Rumah tanpa jendela ini mampu menggurangi udara dingin yang masuk ke dalam. Tapi gdung tingkat yang menggunakan tembok semen juga ada di kota ini, namun biasanya digunakan untuk perkantiran saja.

Rumah Hanoi yang dibangun tanpa jendela mampu menghalangi udara dingin masuk ke dalam.

Meski termasuk kota kecil, ternyata Kota Mulia juga terdapat fasilitas bandara. Jadi kamu bisa naik pesawat dari kota Jayapura menuju kota dingin ini yang hanya butuh waktu sekotar satu jam. Tapi jangan membayangkan, sebuah pesawat besar yah. Pesawat yang digunakan sejenis Caravan yang hanya muat untuk 9 penumpang saja.



Kamu pengen ke sini tapi nggak mau naik pesawat? Bisa juga melalui jalur darat, tapi siap-siap pantatmu kram karena bisa memakan waktu hungga 16 jam dengan jalur bebatuan dan jurang yang curam. Saat bermalam di kota Mulia, jangan kaget jika saat malam hari, suasananya begitu sunyi. Meski memiliki pemandangana yang memesona, Kota Mulia termasuk daerah konflik. Di kota ini, sering terjadi bentrok antarwarga dari dearah yang berdekatan. Hal itu pula yang membuat Kota Mulia diberlakukan jam malam. Seteelah pukul 18.00 waktu setempat, tak ada yang boleh keluar rumah. Tertarik mencicipi cuaca terdingin di Indonesia?


– Dikutip dari Keepo.me

Tidak ada komentar