Breaking News

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Gunakan IMEI Untuk Lacak Keberadaan Smartphone, Berbahaya!

Hati-Hati, Jangan Sembarangan Gunakan IMEI Untuk Lacak Keberadaan Smartphone, Berbahaya!

MajalahBerita24.com, Jakarta-- Kalo kalian perhatikan, semakin canggihnya teknologi sekarang ini justru banyak dimanfaatkan dari sekian sekelompok orang untuk mendapatkan keuntungan sendiri, yang merugikan orang lain.

Salah satu contoh konkritnya adalah beberapa waktu yang lalu, banyak pesan yang beredar melalui beberapa messenger yang memberikan "iming-iming" bisa melacak keberadaan smartphone orang lain melalui IMEI saja. Namun, hal seperti ini sangat nggak direkomendasikan, bahkan DILARANG karena berpotensi merugikan kalian.



Dalam beberapa pesan yang ditemui, ada beberapa "tipuan" yang disampaikan, di antaranya adalah pesan berantai yang isinya seperti ini:

1. Setiap hp memiliki no IMEI yaitu International Mobile Equipment Identity yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan hp Anda di mana saja di seluruh dunia.

2. Seandainya hp Anda dicuri, Anda hanya perlu email 15 digit No. IMEI ke cop@vsnl.net beserta data-2 seperti di bawah.



Bagi yang belum tahu, IMEI sendiri adalah sebuah penanda atau pembeda dari setiap smartphone yang sudah pernah diproduksi, mirip dengan nomor KTP pada manusia. Bayangkan, kalo identitas rahasia seperti nomor KTP diketahui orang lain dan disalahgunakan, bisa saja bahaya sedang mengantai kalian dan nggak jarang menimbulkan kasus hukum. Sama halnya dengan IMEI, pada smartphone hal ini sifatnya rahasia dan nggak boleh sembarangan orang tahu lho! Banyak hal yang bisa dimanfaatkan dengan mendapatkan nomor IMEI smartphone, salah satunya yang paling berbahaya adalah kebocoran informasi dan data pribadi kalian yang tersimpan di smartphone tadi.

Jadi, buat kalian yang sudah pernah atau belum pernah mendapatkan pesan tadi, ada baiknya untuk menghiraukannya, dan jadilah pengguna smartphone yang baik dengan tidak langsung percaya dengan broadcast message bahkan dari orang yang dikenal sekalipun. Semoga bermanfaat!


– Dikutip dari WWW.RECODE.ID

Tidak ada komentar