Breaking News

Viral! Munculnya Ikan Arapaima Raksasa di Sungai Brantas Menghebohkan Warga

Viral! Munculnya Ikan Arapaima Raksasa di Sungai Brantas Menghebohkan Warga

MajalahBerita24.com, Jakarta -- Kehebohan terjadi di Desa Mliriprowo, Kecamatan Tarik, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Munculnya seekor ikan raksasa di aliran Sungai Brantas.

Ikan berjenis Araipama itu ditangkap warga di sungai setempat. Foto penangkapan ikan seukuran tubuh orang dewasa itu tersebar di media sosial dan jadi viral.

Heboh ikan raksasa itu terjadi sejak Senin kemarin, 25 Juni 2018. Warga setempat bernama Andi bercerita, mulanya ikan itu ditangkap warga, lalu dilepas lagi. Tetapi, ditangkap lagi oleh warga lain. “Ikannya besar sekali,” kata Andi, Selasa 26 Juni 2018

Warga tak mengetahui nama dan jenis ikan tersebut. Hingga kemudian sebuah lembaga swadaya masyarakat, Ecoton, tertarik dan turun langsung ke lokasi penemuan ikan tersebut. “Yang ditemukan itu ternyata ikan Arapaima,” kata Education Program Ecoton, Agus Kristanto Nugroho.

Dia menjelaskan, habitat asli Arapaima ialah di sungai-sungai Brasil dan Peru. Merujuk Wikipedia, ikan tersebut bisa tumbuh sepanjang tiga meter dan berat 200 kilogram. Agus menuturkan, Arapaima adalah ikan predator, karenanya bisa jadi memangsa ikan lokal.

Selain di Tarik, Agus mengatakan, temuan ikan serupa juga pernah terjadi di sungai yang membentang di Dusun Banjarmelati, Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto.

Sungai itu satu aliran dari Sungai Brantas, yang juga mengaliri sungai lokasi penangkapan Arapaima di Sidoarjo.

Agus menduga, Arapaima tersebut mulanya adalah peliharaan warga yang terlepas lalu berkembang biak. Dia mengimbau, agar warga yang menangkap tidak melepas kembali ke sungai, karena ikan tersebut jenis predator. Ecoton juga berkoordinasi dengan kepala desa sekitar sungai soal itu.

“Itu bisa merusak ekosistem Sungai Brantas,” ujarnya.

Tidak ada komentar