Breaking News

Diduga Menjadi Simpatisan HTI, Rektor UGM Ajak Dosen Untuk Kembali ke Pancasila

Diduga Menjadi Simpatisan HTI, Rektor UGM Ajak Dosen Untuk Kembali ke Pancasila

MajalahBerita24.com, Sleman -- Rektor UGM, Panut Mulyono memanggil dua dosen yang diduga simpatisan HTI hari ini. Panut pun mengatakan salah satu yang akan dibicarakan adalah dirinya ingin mengajak kedua dosen itu kembali ke Pancasila.

"Selagi bisa dikembalikan atau tindakannya ke jalan yang lurus kita kembalikan hatinya (kembali ke Pancasila)," kata Panut kepada wartawan di Gedung Pusat Balairung UGM, Jumat (8/6/2018).

Panut mengatakan, pimpinan universitas akan mengklarifikasi dugaan keterlibatan kedua dosen tersebut. Jika benar mereka simpatisan HTI, maka pihaknya akan meminta rekomendasi Dewan Kehormatan Universitas (DKU).

Menurutnya, pihaknya tidak bisa langsung menjatuhkan sanksi kedua kedua dosen yang diduga terlibat organisasi terlarang tersebut. Sebab, mekanisme yang berlaku di UGM terkait sanksi harus dirumuskan oleh DKU.

"PU (Pimpinan Universitas) bisa saja kalau memang dari diskusi itu menguat (keduanya simpatisan HTI), kan bisa saja sambil ini diproses ke DKU kami memberhentikan sementara dari jabatan yang ada," ucapnya.

"Nanti kan akan keluar (keputusan) dari DKU, itu yang akan menjadi keputusan yang menjadi rekomendasi untuk kita tindaklanjuti," lanjutnya.

Meski bisa memberhentikan sementara, namun Panut tak memiliki kewenangan mencabut status keduanya sebagai dosen. Sebab, hanya pihak Kemenristekdikti yang bisa memecat kedua dosen tersebut.

"Rektor, wakil rektor, wakil dekan tidak bisa (memberhentikan keduanya sebagai dosen). Bisanya mengusulkan (ke Kemenristekdikti)," tutupnya.

– Dikutip dari DETIK.COM

Tidak ada komentar